Terima kunjungan Konjen Singapura, Wagubri Edy Natar Promosikan Bakar Tongkang dan Pacu Jalur

admin
  23 Februari 2023 08:34:52
Pariwisata Riau
245 Pembaca

PEKANBARU - Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Brigjen TNI (purn) Edy Natar Nasution menerima kunjungan Konsulat Jenderal (Konjen) Singapura di Batam, Gavin Ang. Pertemuan ini berlangsung di Balai Pauh Janggi, Pekanbaru, pada Rabu (22/2/2023).

Pada kunjungan kerja hari ke dua di Pekanbaru, Riau Gavin Ang menemui Wagubri Edy Natar dalam rangka menjalin hubungan silaturahmi yang telah berjalan. 

Terima kunjungan Konjen Singapura, Wagubri Edy Natar Promosikan Bakar Tongkang dan Pacu Jalur

Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Brigjen TNI (purn) Edy Natar Nasution menerima kunjungan Konsul Jenderal (Konjen) Singapura.

Gavin Ang baru saja diangkat Pemerintah Singapura ke Konjen Singapura yang berkedudukan di Batam. Ia mulai turun pada 20 Agustus 2022 lalu, menggantikan Konjen sebelumnya, Mark Low.

Mengawali pertemuan perdana mereka, Wagubri Edy membuka peluncuran dan menyampaikan ucapan selamat atas jabatan yang baru saja dilantik.

"Selamat datang dan kami menyambut baik kedatangan Pak Gavin dan rombongan. Selamat atas pelantikannya. Kami berharap melalui pertemuan ini, kami bisa bekerja sama dengan baik di Provinsi Riau dan menjaga komunikasi yang sudah terjalin dengan baik selama ini," ungkapnya.

Wagubri Edy Natar menjelaskan, Riau memiliki agenda wisata tahunan, seperti Ritual Bakar Tongkang di Rohil, Pacu Jalur di Tepian Narosa, Taluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi (Kuanai), dan Bono Surfing atau Bekudo Bono di Sungai Kampar, Desa Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan. 

Festival Bakar Tongkang, kata Wagubri, adalah ritual tahunan masyarakat Tionghoa di Kota Bagan Siapiapi, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Riau. Setiap digelar agenda Pariwisata ini menyedot ratusan ribu wisatawan nusantara dan mancanegara. Pada tahun 2023 ini, Bakar Tongkang masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 

"Lalu, Pacu Jalur di Tepian Narosa, Teluk Kuantan, Kuansing. Acara ini adalah pertandingan mendayung perahu. Pernah dinobatkan sebagai agenda pariwisata terpopuler di ajang Anugerah Pesona Indonesia," jelasnya.

"Kemudian Sungai Bono di Pelalawan, banyak para pebalap mancanegara yang berselancar di sana, Bono adalah fenomena alam karna adanya pertemuan arus sungai menuju laut dan arus laut yang masuk ke sungai akibat pasang," terangnya.

Lebih lanjut, Mantan Danrem 031/WB ini menghimbau, agar melakukan komunikasi dengan terbuka, juga terus membangun dan meningkatkan investasi.

“Mudah-mudahan di Kepemimpinan Bapak, komunikasi bisa lebih terbuka, sehingga banyak informasi bisa didapat, sehingga hal yang selama ini kurang terinformasikan, bisa maksimal,” tutupnya.

Menyikapi penjelasan Wagubri terkait sektor wisata di Riau, Gavin Ang mengaku terkesan, apalagi ia baru mengetahui bahwa ada sungai yang memiliki ombak.

"Sungguh luar biasa, Riau memiliki event pariwisata yang unik," katanya. 

Pada kesempatan itu, Gavin Ang juga menawarkan kerja sama terkait pelatihan untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di Riau.

“Pasca COVID-19, pemerintah singapura membuat pelatihan singkat untuk ASN, kita ada daftar program, dan jika ada ASN yang mau ikut, bisa untuk daftar, dan pelatihan dilakukan di Singapura,” ucapnya.

Turut hadir pada pertemuan ini, Kepala Dinas (Kadis) Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Provinsi Riau, Helmi , Kepala Biro (Karo) Adpim Setdaprov Riau, Aryadi.

(Mediacenter Riau/Alw)

Baca Juga : Progres Penataan Kawasan Masjid Raya Annur Provinsi Riau Segera Rampung

Baca Juga : Sektor Pariwisata Riau Bangkit, Kunjungan Turis Meningkat Lagi

Sumber : mediacenter.riau.go.id

------------------------------

Ikuti Official Account Dinas Pariwisata Provinsi Riau.

Youtube Channel : Pariwisata Riau

Instagram : Pariwisata.Riau

Twitter : @Disparriau

Website  : pariwisata.riau.go.id


#pariwisatariau

#keriauaja

#riauthehomelandofmelayu

#wonderfullindonesia

Contact Details

Email : Kirim Pesan Disparriau@gmail.com
Telegram : Kirim Pesan @PariwisataRiau
Whatsapp : Kirim Pesan Pariwisata Riau

Jl. Jenderal Sudirman, Komplek Bandar Serai,
Pekanbaru, Riau

Logo Logo Logo Logo

DOWNLOAD JEMARI




Statistik Dukungan

Maps