Sandiaga: Pelaku UMKM Adalah Pahlawan Ekonomi Indonesia

admin
  19 September 2022 09:57:42
Pariwisata Riau
1224 Pembaca

PEKANBARU - Pemerintah saat ini gencar meningkatkan perkonomian bangsa. Satu di antara upaya yang dilakukan pemerintah adalah membantu pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, pada Minggu (18/9/2022) mengatakan, tantangan ekonomi kreatif saat ini baru saja melewati masa pandemi. 

Sandiaga: Pelaku UMKM Adalah Pahlawan Ekonomi Indonesia

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno (Foto: Habib/MC Riau)

Berbagai inovasi baru telah dilakuan untuk para pelaku UMKM. Salah satu langkah yang diberikannya yaitu melakukan transformasi ke ekosistem digitalisasi. Selain itu, dukungan bantuan pelatihan, bantuan pemasaran, dan juga permodalan.

"Ini sudah kami lakukan, harapannya teman-teman bisa melewati masa sulit ini," kata Sandiaga saat hadir di Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 di Mal Ciputra Seraya, Kota Pekanbaru, Riau. 

Dikatakan dia, bahwa para pelaku UMKM merupakan pahlawan ekonomi bagi perekonomian Indonesia. Karena pelaku usahalah yang akan membawa ekonomi bangsa menuju Indonesia emas di tahun 2045.

“Saya terima kasih kepada seluruh peserta UMKM yang terlibat di setiap Kota, karena merekalah yang akan membawa ekonomi kita menuju Indonesia Emas 2045,” katanya.

Diungkapkan dia, bahwa berharap telah melaksanakan program Pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif. Di mana Kota Pekanbaru juga ikut dalam menjadi kota dengan subsektor ekonomi kreatif unggulan. 

Kegiatan itu, kata Sandiaga, diperkenalkan untuk menemukan, mengelola, dan mengembangkan kreativitas potensi lokal. Sehingga kegiatan AKI 2022 inilah menjadi wadah untuk menempatkan produk kreatif.

“Beberapa waktu lalu saya sudah menyelenggarakan “KaTa kreatif”. Saya adakan di kabupaten/kota, di mana Kota Pekanbaru juga ikut menjadi kota dengan subsektor ekonomi kreatif unggulan. Hari ini kita etalasekan produk-produk ekonomi kreatif itu,” jelasnya.

Untuk itu ia berharap, dengan adanya program-program dari pemerintah tersebut masyarakat bisa melatih potensinya. Meski sektor ekonomi kreatif memiliki tantangan tersendiri, Sandiaga tetap yakin, pertumbuhan ekonomi di Indonesia masih tetap bisa tumbuh, karena di dorong kekuatan UMKM.

“Tidak, teman-teman harus bisa menyikapi karena ekonomi Indonesia masih bisa bertumbuh karena kekuatan UMKM," ujarnya. 

(Mediacenter Riau/bib)

Baca Juga : Tiba di Tanah Kelahiran, Sandiaga Uno Merasa Terharu

Baca Juga : Menpararekraf Apresiasi Diresmikannya 50 Desa Kreatif di Kampar

Sumber : mediacenter.riau.go.id

------------------------------

Ikuti Official Account Dinas Pariwisata Provinsi Riau.

Youtube Channel : Pariwisata Riau

Instagram : Pariwisata.Riau

Twitter : @Disparriau

Website  : pariwisata.riau.go.id


#pariwisatariau

#keriauaja

#riauthehomelandofmelayu

#wonderfullindonesia

Contact Details

Email : Kirim Pesan Disparriau@gmail.com
Telegram : Kirim Pesan @PariwisataRiau
Whatsapp : Kirim Pesan Pariwisata Riau

Jl. Jenderal Sudirman, Komplek Bandar Serai,
Pekanbaru, Riau

Logo Logo Logo Logo

DOWNLOAD JEMARI




Statistik Dukungan

Maps