Festival Bakar Tongkang Kembali Hadir

admin
  23 Juni 2018 13:03:55
Pariwisata Riau
1174 Pembaca

Festival Bakar Tongkang 2018 kembali hadir di Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau pada 28-30 Juni 2018 mendatang.Acara adat Tionghoa yang sudah menyatu dengan masyarakat Bagansiapiapi ini bakal dikunjungi ribuan orang yang berasal dari Malaysia, Singapura, Thailand, Taiwan hingga China Daratan.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengaku akan mempromosikan event ini secara maksimal, karena termasuk dalam 10 besar 100 Calender of Events Pariwisata 2018.

Menurutnya, event Bakar Tongkang sudah berkelas dunia dan banyak wisatawan yang datang mengikuti prosesi itu.

"Strategi media yang dilakukan Kemenpar adalah POSE, paid media, own media, social media dan endorser media., “ tutur Menpar Arief Yahya, Kamis (19/4).

Pihaknya juga menyampaikan, “Channeling media itu akan dipilih yang paling efektif untuk mempromosikan kegiatan tahunan bakar tongkang itu”.

Lebih lanjut Menpar Arief Yahya menegaskan bahwa pola promosi yang akan dilakukan dengan sistem  pre event, on event dan post event (POP).

Promosi Pre event Festival Bakar Tongkang ini akan diviralkan melalui media digital oleh GenPI.

Ritual Bakar Tongkang adalah acara budaya yang dilakukan di Riau untuk memperingati kehadiran masyarakat Tionghoa ke tanah Bagansiapiapi pada tahun 1820.

Pada festival ini akan ada ritual atau upacara bakar tongkang yang dilakukan sebagai simbol bahwa masyarakat Tionghoa di Bagansiapiapi tak akan kembali lagi ke tanah leluhur.

Melalui ritual bakar tongkang, masyarakat Tionghoa juga berjanji untuk mengembangkan diri di kota yang punya julukan Hong Kong van Andalas.

“Ritual yang dikenal dengan nama Go Gek Cap Lak dalam bahasa Hokkiein ini sudah berlangsung sejak 134 tahun silam”.   ungkap Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Fahmizal Usman.

Pada zaman orde baru, ritual bakar tongkang sempat dilarang. Namun, sejak era kepemimpinan Gus Dur larangan terhadap ritual ini dihapuskan," lanjut Fahmizal Usman.

Festival Bakar Tongkang akan diawali dengan sembahyang di kelenteng Ing Hok Kiong yang merupakan kelenteng tertua di kawasan Pekong Besar.

Lalu acara dilanjutkan dengan arak-arakan ke tempat pembakaran hingga berlanjut ke prosesi pembakaran di hari berikutnya.

Menurut  Fahmizal Usman, “Prosesi pembakaran tongkang biasanya diawali dengan menetapkan posisi haluan tongkang sesuai petunjuk Dewa Kie Ong Ya atau Dewa laut”.

“Setelah mengetahui posisinya, tongkang akan diletakkan pada posisi pembakaran dan kertas sembahyang ditimbun dekat lambung kapal yang siap untuk dibakar," tambah Fahmizal Usman.

Tak hanya itu, selama ritual ini, berbagai kelenteng yang memenuhi Bagan Siapiapi melakukan upacara pemanggilan roh.

Jangan ngeri dulu. Sebab, biasanya ada orang yang bersedia menjadi medium untuk dirasuki roh dalam ritual. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau juga mengimbau kepada masyarakat Tionghoa pada malam hiburan Bakar Tongkang yang dipusatkan di depan Kelenteng Ing Hok King.

Masyarakat dihimbau untuk tetap menjaga toleransi beragama mengingat pelaksanaannya bertepatan dengan bulan suci Ramadan.

"Kita minta malam hiburan Bakar Tongkang nanti dilakukan seperti tahun lalu setelah sholat Tarawih," pintanya.

Menurutnya Fahmizal Usman, selain mengembangkan dan mempromosikan potensi wisata daerah yang sangat menjanjikan, Ritual Bakar Tongkang juga dapat berimbas pada perekonomian masyarakat.

Bakar Tongkang ( Sumber : Youtube Channel Pariwisata Riau )


Kunjungi Juga : LIBUR LEBARAN BARU SAJA BERLALU TAPI BELUM SEMPAT PIKNIK? JANGAN PANIK DULU

------------------------------

Kami juga mengundang kalian untuk dapat bergabung bersama kami sebagai Pejuang Pariwisata Riau, caranya dengan bergabung ke GenPi.co dan Pilih Regional GenPi Riau, silahkan daftar di link dibawah ini :

http://www.genpi.co/member/signup

Ikuti Official Account Dinas Pariwisata Provinsi Riau.

Instagram : Pariwisata.Riau | GenPi.Riau

Youtube : youtube.com/c/PARIWISATARIAU

Twitter : @Disparriau

Path : Pariwisatariau

Facebook : Pariwisata Riau

Website  : pariwisata.riau.go.id


#ayokeriau

#riauthehomelandofmelayu

#riaumenyapadunia

#pesonaindonesia

#wonderfullindonesia

#indonesiaindah

#genpiriau

#FestivalBakarTongkang2018

#YukkeRiau

#GenPI

Baca Juga : Libur lebaran baru saja berlalu tapi belum sempat piknik? Jangan Panik dulu

Baca Juga : Danau Janda Gatal Surganya Penghobi Mancing Mania di Kepenghuluan Bagan Jawa Pesisir Kecamatan Bangko Bagansiapiapi Rokan Hilir

Sumber : Dispar Riau

------------------------------

Ikuti Official Account Dinas Pariwisata Provinsi Riau.

Youtube Channel : Pariwisata Riau

Instagram : Pariwisata.Riau

Twitter : @Disparriau

Website  : pariwisata.riau.go.id

Cari Wisata Riau ?  : destinasiriau.travel


#ayokeriau

#riauthehomelandofmelayu

#riaumenyapadunia

#pesonaindonesia

#wonderfulindonesia

#indonesiaindah

Contact Details

Email : Kirim Pesan Disparriau@gmail.com
Telegram : Kirim Pesan @PariwisataRiau
Whatsapp : Kirim Pesan 085157628002

Jl. Jenderal Sudirman, Komplek Bandar Serai,
Pekanbaru, Riau

Logo Logo Logo Logo

DOWNLOAD




Statistik Dukungan

Maps