Fenomena Alam Gerhana Matahari Cincin diprediksi Menyambangi Wilayah Indonesia pada 26 Desember 2019

admin
  19 Desember 2019 11:35:51
Pariwisata Riau
124 Pembaca

Gerhana Matahari Cincin merupakan fenomena alam yang langka dan terjadi ketika bulan berada segaris dengan bumi dan matahari, serta bulan berada pada titik terjauh dengan bumi.

Pada posisi inilah yang menyebabkan piringan bulan akan terlihat lebih kecil daripada matahari dan tidak akan menutupi piringan matahari sepenuhnya.

Memanfaatkan terjadinya fenomena alam tersebut, Lembaga Antariksa dan Penerbangan (LAPAN) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Siak, Riau akan menyelenggarakan festival gerhana matahari cincin pada tanggal 26 Desember 2019 mendatang.

Berdasarkan pengamatan LAPAN, Kampung Bunsur Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Riau ditetapkan sebagai lokasi terbaik di Indonesia untuk mengamati fenomena gerhana matahari cincin. Gerhana Matahari tersebut terjadi hanya sekali dalam 300 tahun.

Kegiatan yang akan dilakukan LAPAN adalah pengamatan GMC dan edukasi keantariksaan. Untuk melakukan pengamatan LAPAN akan berkolaborasi dengan astronom, ilmuwan dibidang keantariksaan dan komunitas astronomi (dalam dan luar negeri).

Kota Siak menjadi lokasi terbaik untuk melakukan pengamatan, LAPAN memusatkan pengamatannya di kota itu untuk melihat pengaruh fenomena gerhana matahari cincin terhadap bumi.

Baca Juga : DISPARPORABUD INHIL MENGGELAR KEGIATAN WISATA BERSEPEDA JELAJAH EKOWISATA SOLOP (JES) 2019

------------------------------


Ikuti Official Account Dinas Pariwisata Provinsi Riau.

Instagram : Pariwisata.Riau | GenPi.Riau

Youtube : youtube.com/c/PARIWISATARIAU

Twitter : @Disparriau

Path : Pariwisatariau

Facebook : Pariwisata Riau

Website  : pariwisata.riau.go.id

 


Sumber : Dispar Riau

Contact Details

Email : disparriau@gmail.com
Website : pariwisata.riau.go.id

Jl. Jenderal Sudirman, Komplek Bandar Serai,
Pekanbaru, Riau

Logo Logo Logo Logo

DOWNLOAD




Statistik Dukungan

Maps