Desa Wisata Okura Pekanbaru Sajikan Spot untuk Mancing Mania

admin
  04 Juli 2019 10:27:04
Pariwisata Riau
1114 Pembaca

Desa Wisata Okura di kecamatan Rumbai Pesisir, merupakan salah satu diantara Top 3 destinasi di kota Pekanbaru.  Dua tahun belakangan, pariwisata desa Okura memang telah viral di media sosial.

Ada beberapa destinasi menarik di daerah itu.  Di antaranya adalah  wisata Dakwah dan taman bunga Impian Musnidianto. 

Selain keberadaan dua destinasi wisata tersebut, di desa yang jaraknya 25 kilometer dari pusat kota Pekanbaru itu, wisatawan juga bisa mencoba berwisata mancing ikan di sungai Siak.

Warga Pekanbaru memancing ikan di Sungai Siak yang melintas di Desa Wisata Okura, Rumbai Pesisir (Foto Heru/GenPI.co).

Pada Selasa, (2/7) sore, GenPI.co ikut dalam sebuah rombongan untuk mencoba sensansi mancing di sungai terdalam di Indonesia itu. Jaman dahulu sungai ini dalamnya 30 meter. Namun akibat pendangkalan,  kini tinggal 18 meter saja.

GenPI.co terlebih dahulu menumpang sebuah sampan mesin 2 Tak 5 PK menuju ke sebuah spot mancing.  Pemandangan pepohonan berjejer menghijau di tepi kanan dan kiri sungai.   Bayangannya jatuh di membentuk refleksi di atas permukaan air. 

Pada suatu titik di tepi sungai, pengemudi sampan mematikan mesin, kemudian melemparkan jangkar ke dalam sungai. Selanjutnya, mulailah para pemancing mania menyiapkan umpan, joran, mata kail dan timah pemberat benang pancing. 

Beragam umpan yang dipakai. Mulai dari anak serangga, jangkrik, cacing tanah dan pumpun atau cacing laut. Setelah menunggu sekitar 30 menit kail yang telah dikaitkan beragam umpan tersebut disambar ikan dan udang gala. 

Ikan yang pertama menyambar umpan prmancing  adalah ikan baung berukuran panjang 15 centimeter . Setelah itu, ada juga dua ekor udang gala dan ikan juaro.

Penampakan ikan hasil tangkapan para mancing mania di Sungai Siak yang melintas di Desa Wisata Okura, Rumbai Pesisir (Foto Heru/GenPI.co) 

Baca Juga : AYO DUKUNG NOMINASI RIAU DI AJANG ANUGERAH PESONA INDONESIA 2019

Pemancing dari kota Pekanbaru, Masto mengatakan, keberadaan ikan di sungai Siak khususnya di sekitar desa Okura lebih banyak dibandingkan di sungai Siak yang melintasi pusat kota Pekanbaru. Menurutnya, hal ini disebabkan kondisi air di Okura belum banyak tercemar. 

"Kalau di Pekanbaru jarang ikan baung dan udang mau makan umpan, beda sama di Okura. Tapi kalau mancing di Okura kami masih sering dapat ikan baung dan udang, kondisinya tergantung lagi dengan pasang surut air sungai dan rezeki pemancing," katanya sambil tersenyum. 

Tidak sulit untuk mencari sampan disini. Para pengunjung bisa menyewa dengan warga sekitar. Harganya mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 150 ribu, tergantung ukuran sampan dan mesin yang digunakan. Ada sampan yang menggunakan  dayung kayu,  ada juga yang bermesin robin hingga yamaha. 

Selain memancing ikan, di lokasi itu para mancing mania bisa juga sekaligus menelusuri sungai Siak.  Suguhan pemandangan di tepian sungai, seperti beragam aktifitas masyarakat, taman bunga Impian dan megahnya PLTU Tenayan Raya, begitu memanjakan mata.

------------------------------

Kami juga mengundang kalian untuk dapat bergabung bersama kami sebagai Pejuang Pariwisata Riau, caranya dengan bergabung ke GenPi.co dan Pilih Regional GenPi Riau, silahkan daftar di link dibawah ini :

http://www.genpi.co/member/signup

Ikuti Official Account Dinas Pariwisata Provinsi Riau.

Instagram : Pariwisata.Riau | GenPi.Riau

Youtube : youtube.com/c/PARIWISATARIAU

Twitter : @Disparriau

Path : Pariwisatariau

Facebook : Pariwisata Riau

Website  : pariwisata.riau.go.id


#ayokeriau

#riauthehomelandofmelayu

#riaumenyapadunia

#pesonaindonesia

#wonderfulindonesia

#indonesiaindah

#genpiriau

Baca Juga : Ayo Dukung Nominasi Riau di ajang Anugerah Pesona Indonesia 2019

Baca Juga : Mengintip Ritual Bakar Tongkang di Bagansiapi-api

Sumber : Dispar Riau

------------------------------

Ikuti Official Account Dinas Pariwisata Provinsi Riau.

Youtube Channel : Pariwisata Riau

Instagram : Pariwisata.Riau

Twitter : @Disparriau

Website  : pariwisata.riau.go.id

Cari Wisata Riau ?  : destinasiriau.travel


#ayokeriau

#riauthehomelandofmelayu

#riaumenyapadunia

#pesonaindonesia

#wonderfulindonesia

#indonesiaindah

Contact Details

Email : Kirim Pesan Disparriau@gmail.com
Telegram : Kirim Pesan @PariwisataRiau
Whatsapp : Kirim Pesan 085157628002

Jl. Jenderal Sudirman, Komplek Bandar Serai,
Pekanbaru, Riau

Logo Logo Logo Logo

DOWNLOAD




Statistik Dukungan

Maps