Danau Bandar Khayangan (Danau Buatan) Lembah Sari Pekanbaru

admin
  04 Oktober 2021 11:50:34
Pariwisata Riau
41 Pembaca

Danau Bandar Khayangan Lembah Sari merupakan salah satu tempat wisata di Pekanbaru yang bernuansa alami. Tujuan wisata yang satu ini berlokasi di Kecamatan Rumbai.  Awalnya danau ini adalah bendungan irigasi terletak kurang lebih 10 kilometer dari pusat kota. Untuk menuju lokasi danau ini, dari Pekanbaru kita bisa Menggunakan kendaraan umum atau mobil pribadi dengan lama perjalanan sekitar 25 menit saja karena jaraknya hanya 15 kilometer dari pusat kota Pekanbaru.

Pemandangan alam sekitar Danau Khayangan Lembah Sari cukup indah dengan hembusan angin yang menyejukkan dari arah perbukitan. Awalnya danau ini adalah bendungan yang dibangun untuk tujuun pengairan daerah sekitarnya. Karena pemandangannya yang indah perbukitan dan pohon-pohon tinggi yang menjulang membuat kawasan ini dikembangkan sebagai kawasan  objek wisata. Danau Bandar Kahyangan Desa Limbungan, Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. Objek wisata ini selalu ramai dikunjungi pada hari tibur atau akhir pekan. Untuk mendukung kawasan ini agar semakin digemari masyarakat, disini sudah tersedia beberapa fasilitas pendukung antara lain rumah makan, sepeda udara, perahu, panggung hiburan, taman berada bermain dan penginapan.

Objek wisata yang satu ini sangat cocok sebagai tempat berlibur bersama keluarga dan anak-anak, karena menikmati keindahan danau dan perbukitan hijau di sekitarnya, kita mengunjungi danau dengan menyewa perahu yang tersedia disini, sedangkan anak-anak bisa bermain di taman bermain yang telah disediakan. Selain itu terdapat juga arena motorcross yang letak nya tidak jauh dari lokasi ini. Danau Buatan, begitulah sebutan awal untuk danau wisata yang terletak di Desa Limbungan Kecamatan Rumbai pesisir, Kota Pekanbaru, Riau, namun pemerintah Kota Pekanbaru baru saja mengganti nama Danau Buatan menjadi Danau Bandar Kayangan. Danau ini merupakan ikon wisata Kota Pekanbaru serta salah satu objek wisata yang mengangkat kepariwisataan Provinsi Riau.

Banyak masyarakat yang menghabiskan akhir pekan di Danau Kayangan untuk rekreasi keluarga, memancing dan bahkan untuk bermain sepeda air. Tidak sedikit juga mencoba bermain sampan di sekeliling danau dengan perahu sewaan. Untuk menaiki kendaraan air di danau ini kita akan berkumpul di sebuah dermaga layaknya sebuah pelabuhan yang akan membawa kita berlayar.

Untuk meningkatkan kunjungan ke Danau Bandar Kahyangan setiap tahun, Pemko Pekanbaru melaksanakan festival budaya dan olahraga air di danau ini.  Kegiatan melaksanakan beberapa lomba balapan perahu dayung, lomba perahu tongkang, lomba pacuan itik, pameran kaligrafi Islam, bazaar UKM, serta beberapa lomba seni tingkat pelajar se-Kota Pekanbaru. Saat festival juga dihadirkan juga beragam wisata kuliner yang dapat kita nikmati para pengunjung seperti cendol beras, ikan bakar khas daun, serta makanan yang diolah dari jenis singkong dan sagu.

Danau ini juga menjadi salah satu venue PON ke XVIII di Riau untuk cabang olahraga ski air. Kedalaman dan luas danau yang memadai memenuhi syarat dilaksanakannya oleh raga cabang ski air tersebut. Dilingkungan sekitar danau juga terdapat tambak ikan yang dikelola oleh masyarakat sekitar danau. Bahkan di antaranya ada yang mengembangakan penangkaran ikan arwana Sumatera.

Baca Juga : Pacu Jalur Kuantan Singingi

Baca Juga : Video Pekanbaru dalam Menit | Top Destinasi di Pekanbaru bersama Fadhil Achyari

Sumber : Dispar Riau

------------------------------

Ikuti Official Account Dinas Pariwisata Provinsi Riau.

Youtube Channel : Pariwisata Riau

Instagram : Pariwisata.Riau

Twitter : @Disparriau

Website  : pariwisata.riau.go.id

Destinasi Riau ?  : Jemari Playstore | Jemari App Store


#pariwisatariau

#keriauaja

#rindukeriau

#riauthehomelandofmelayu

#wonderfullindonesia

Contact Details

Email : Kirim Pesan Disparriau@gmail.com
Telegram : Kirim Pesan @PariwisataRiau
Whatsapp : Kirim Pesan Pariwisata Riau

Jl. Jenderal Sudirman, Komplek Bandar Serai,
Pekanbaru, Riau

Logo Logo Logo Logo

DOWNLOAD JEMARI




Statistik Dukungan

Maps