Wagub Riau Ajak Masyarakat Konsumsi Sagu

admin
  28 Agustus 2019 09:58:03
Pariwisata Riau
34 Pembaca

GenPI.co - Wakil Gubernur (Wagub) Riau, Edy Natar Nasution mengajak masyarakat untuk meningkatkan konsumsi sagu,  Menurutnya,  sagu sebagai pangan spesifik dan pangan istimewa dalam keluarga. 

Ia mengatakan itu saat menghadiri Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) dan Festival Pangan Lokal, serta Gerakan Serba Sagu (SERBU) tingkat Provinsi Riau tahun 2019. Dihadiri ribuan ibu-ibu berbagai profesi dari Kabupaten/Kota di Riau acara itu digelar di Gedung Olahraga Tri Buana, jalan Diponegoro Pekanbaru, Selasa (27/8).

Menurut Wagub, Provinsi Riau memiliki sagu dengan tingkat ketersediaan yang cukup memadai.  Kualitasnya juga diyakini yang  terbaik se-Indonesia. "Ini artinya Provinsi Riau memiliki potensi sagu yang sangat besar sebagai sumber pangan lokal," katanya. 

Dijelaskanya, luasan areal dengan tanaman sagu di Provinsi Riau adalah 82.713 ha. Jumlah tersebut dari 20.200 hektare milik perusahaan dan 60.513 ha milik rakyat.

Event Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) dan Festival Pangan Lokal, serta Gerakan Serba Sagu (SERBU) tingkat Provinsi Riau tahun 2019 di Pekanbaru, Selasa (27/8). (Foto: Heru/GenPI.co).

Sementara  total produksi tepung sagu hingga tahun 2017 mencapai 326.755 ton. Sebagian besar perkebunan sagu tersebut terdapat di Kabupaten Kepulauan Meranti. 

"Berbagai upaya telah dilakukan untuk mempopulerkan sagu, diantaranya kita telah dipercaya sebagai tuan rumah dalam Seminar Sagu ASEAN pada 7 Agustus 2018 lalu. Pada seminar sagu tersebut dihadiri oleh pakar-pakar sagu dunia baik dari Jepang, Malaysia maupun dari Indonesia," ungkap Edy Natar. 

Sementara pada  2016, lanjut Edi Natar, Riau juga telah berhasil meraih Rekor Muri dengan menghasilkan menu sebanyak 369 jenis makanan olahan berbasis sagu. 

Ia berharap, melalui event ini dapat meningkatkan konsumsi sagu di masyarakat dengan mengangkat slogan “Sagu Riau Menyapa Dunia”. Selain itu dapat pula meningkatkan kebutuhan gizi bagi ibu-ibu hamil dan asupan gizi bagi anak-anak balita.

"Ayo kita konsumsi pangan lokal khususnya sagu, dan sediakan jajanan pangan lokal dalam setiap rapat-rapat di kantor. Kepada hotel-hotel agar menyediakan pangan berbahan sagu minimal 2 kali seminggu, sesuai dengan Surat Edaran Gubernur Riau yang sudah pernah disampaikan," pungkasnya.


Baca Juga : DAUN JADI INSPIRASI DI FESTIVAL PAYUNG INDONESIA 2019

------------------------------

Ikuti Official Account Dinas Pariwisata Provinsi Riau.

Instagram : Pariwisata.Riau | GenPi.Riau

Youtube : youtube.com/c/PARIWISATARIAU

Twitter : @Disparriau

Path : Pariwisatariau

Facebook : Pariwisata Riau

Website  : pariwisata.riau.go.id


#ayokeriau

#riauthehomelandofmelayu

#riaumenyapadunia

#pesonaindonesia

#wonderfulindonesia

#indonesiaindah

#genpiriau


Sumber : Genpi.co

Contact Details

Email : disparriau@gmail.com
Website : pariwisata.riau.go.id

Jl. Jenderal Sudirman, Komplek Bandar Serai,
Pekanbaru, Riau

Logo Logo Logo Logo

DOWNLOAD




Statistik Dukungan

Maps