Kadispar Riau : Tol Pekanbaru-Dumai Bisa Membangkitkan Sektor Pariwisata Kembali

admin
  30 September 2020 11:06:28
Pariwisata Riau
97 Pembaca

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM, PEKANBARU - Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) sepanjang 131 Km telah diresmikan. Dengan cepatnya jarak tempuh yang dihasilkannya, tentunya berdampak juga pada sektor pariwisata di Provinsi Riau .

Karena pada dasarnya, sektor pariwisata memang tidak bisa lepas dari dukungan aksesibilitas, amenitas, dan atraksi.

Tiga poin ini menjadi penting untuk destinasi wisata dan berpengaruh pada tingkat kunjungan wisatawan.

Hadirnya Tol Pekanbaru-Dumai yang baru diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat, (25/9/2020) kemarin, sejalan dengan program Nawa Citanya, yaitu Meningkatkan Kualitas Hidup Manusia Indonesia, yang kemudian menjadi sektor prioritas Kabinet Kerja di bidang infrastruktur dan pariwisata.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Riau, Roni Rakhmat, Sabtu (26/9/2020) mengatakan, dengan adanya jalan tol tersebut, tentunya wisatawan dapat lebih mudah mengakses objek wisata dan akan mendorong sektor pariwisata yang ada di Provinsi Riau .

"Peresmian Jalan Tol Permai oleh Pak Presiden Jokowi merupakan berkah bagi masyarakat Riau. Adanya jalan bebas hambatan ini, insyaallah bisa meningkatkan kunjungan wisatawan dan juga mempersiapkan destinasi wisata sehingga kita bisa menjadi tuan rumah yang baik bagi wisatawan yang akan datang," ujarnya kepada Tribunpekanbarutravel.com secara tertulis.

Roni juga memaparkan, jarak tempuh dari Pekanbaru-Dumai sebelum adanya Jalan Tol Permai bisa menghabiskan waktu 4 hingga 5 jam.

Namun, setelah adanya jalan tol dapat dipangkas menjadi hanya 1,5 jam saja.

Dalam masa pandemi saat ini, Roni mengaku akan memfokuskan berwisata yang aman dan sehat. Tentunya dengan menjalankan protokol kesehatan.

Ia melihat, jumlah wisatawan yang datang ke Provinsi Riau mengalami penurunan dikarenakan kondisi Riau tengah menghadapi pandemi Covid-19 .

Namun, dengan adanya Tol Permai Roni menyebutkan itu merupakan salah satu sektor yang bisa membangkitkan pariwisata Riau untuk bangkit kembali.

"Di tahun 2019 kita memiliki kunjungan domestik sebanyak 7 juta orang. Namun, di tahun 2020 hingga Agustus lalu baru tercatat 2.8 juta orang," Roni menuturkan.

Meskipun banyak destinasi wisata yang ditutup dimasa pandemi, Roni menyampaikan, masih ada beberapa destinasi wisata berkonsep lingkungan dan alam yang tetap dibuka dengan mematuhi protokol kesehatan.

Baca Juga : Siaran Pers : Menparekraf Harap Sektor dan Pelaku Parekraf Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan Agar Tetap Produktif saat PSBB

Baca Juga : Siaran Pers : Kemenparekraf Fokus Tiga Program Pemulihan Sektor Parekraf pada 2021

Sumber : tribunpekanbarutravel.com

------------------------------

Ikuti Official Account Dinas Pariwisata Provinsi Riau.

Youtube Channel : Pariwisata Riau

Instagram : Pariwisata.Riau

Twitter : @Disparriau

Website  : pariwisata.riau.go.id

Cari Wisata Riau ?  : destinasiriau.travel


#ayokeriau

#riauthehomelandofmelayu

#riaumenyapadunia

#pesonaindonesia

#wonderfulindonesia

#indonesiaindah

Contact Details

Email : Kirim Pesan Disparriau@gmail.com
Telegram : Kirim Pesan @PariwisataRiau
Whatsapp : Kirim Pesan 085157628002

Jl. Jenderal Sudirman, Komplek Bandar Serai,
Pekanbaru, Riau

Logo Logo Logo Logo

DOWNLOAD




Statistik Dukungan

Maps