Kadispar Riau : Peningkatan SDM dibidang pariwisata merupakan bagian dari penyelenggaraan pariwisata yang terkait langsung dengan jasa pelayanan

admin
  13 Agustus 2017 12:00:58
Pariwisata Riau
24 Pembaca
1502600457IMG-20170813-WA0003.jpg

Pekanbaru - Beberapa tahun terakhir industri pariwisata telah menjadi fenomena global. Berbagai laporan dari lembaga-lembaga dunia dan nasional menyebutkan bahwa industri ini menjadi yang terbesar dilihat dari segi sebaran geografis, pertumbuhan, keterkaitan, dengan industri lain, tenaga kerja, dan jangkauan ekonomi yang ditimbulkan.

Selama 25 tahun terakhir UN World Tourism Organization (UNWTO) mencatat pertumbuhan perjalanan wisata mencapai hampir 500 persen. Dunia pariwisata merupakan bisnis yang sangat dinamis, didalamnya dipenuhi tantangan dan persaingan yang tajam, baik antar negara-negara pesaing maupun antar destinasi pariwisata itu sendiri.  

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Pariwisata provinsi Riau Fahmizal Usman pada saat membuka kegiatan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang pariwisata,  pada Kamis (10/8) di Hotel Royal Asnof Pekanbaru.

"Untuk dapat memenangkan persaingan yang ketat perlu terus memperbaiki hal-hal yang masih kurang seperti Infrastruktur,  regulasi, Iven, dan pendukung lainya. Maka SDM juga ikut memegang peran penting dalam bisnis pariwisata yang harus selalu ditingkatkan kemampuannya," kata Fahmizal Usman di depan para peserta dan nara sumber yang hadir.

Fahmizal Usman menuturkan, Provinsi Riau memiliki keanekaragaman daya tarik pariwisata yang mampu menarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara, diantaranya adalah Gelombang Bono di Pelalawan,  Pacu Jalur di Kuantan Singingi,  Bakar Tongkang di Rokan Hilir, dan daya tarik wisata unggulan lainya.

Menurutnya, semua daya tarik wisata itu tidak akan berguna bila belum dikelola secara baik dan benar. Untuk itu diperlukan SDM pariwisata yang handal yang mampu menciptakan peluang usaha untuk mengembangkan pariwisata di daerahnya,"

"Peningkatan SDM dibidang pariwisata merupakan bagian dari penyelenggaraan pariwisata yang terkait langsung dengan jasa pelayanan. Sebagai pembina kepariwisataan, tentunya Aparatur pemerintah khususnya Dinas Pariwisata (Dispar) provinsi Riau dan juga stake holder senantiasa dituntut untuk bisa memberikan pelayanan prima kepada para wisatawan dan mampu menjadi ujung tombak kepariwisataan di daerahnya," ungkap Fahmizal Usman.

Kegiatan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang Pariwista itu dihadiri oleh ketua asosiasi pariwisata se-provinsi Riau, Perwakilan dari PAM OBVIT Polda Riau,  Perwakilan Asosiasi PHRI, ASITA, ASPPI, HPI, Akademisi, dan peserta yang berasal dari kelompok sadar wisata se-provinsi Riau. ***



Sumber : Dispar Riau

Recent View

Contact Details

Telephone/Fax : (0761) 40356 - 858886
Email : disparekraf@riau.go.id
Website : pariwisata.riau.go.id

Jl. Jenderal Sudirman, Komplek Bandar Serai,
Pekanbaru, Riau

Logo Logo

DOWNLOAD




Riau The Homeland of Melayu
Available On Google Playstore

STAY UP TO DATE

Keep Up-to-Date with Riau Tourism
News and Events