Jaga Alam dan Budaya, Perkuat Daya Saing Pariwisata Dunia

admin
  12 Juni 2017 12:31:18
Pariwisata Nasional
36 Pembaca
149724547813.jpg

JAKARTA - Menteri Pariwisata RI Arief Yahya mengingatkan ke seluruh mitra kerjanya untuk bersama-sama menjaga "kekuatan" utama Indonesia. Dua portofolio bisnis pariwisata naik membaik di Travel Tourism Competitiveness Index (TTCI) yang dikalibrasi oleh World Economic Forum. "Dengan spirit Indonesia Incorporated maka akan semakin kuat," kata Menpar Arief.

"Natural Resources atau kekuatan alam, naik dari papan ke-19 menjadi 14 besar dunia. Sedangkan cultural resources and business travel dari papan 25 ke peringkat 23 besar dunia," jelas Arief Yahya, seraya menjelaskan indeks daya saing pariwisata Indonesia tahun 2017 ini.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa Indonesia adalah surga bagi para travelista. Saking banyaknya tempat tempat wisata alam maupun religi di seluruh penjuru tanah air, Anda akan kesulitan menghitungnya. Mau wisata alam? Dari Sabang sampai Merauke tersedia tempat yang membuat mata travelista terkagum-kagum.

Mau wisata religi? Setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas tersendiri yang sulit ditandingi. Tak mengherankan, wisatawan mancanegara juga menjadikan Indonesia sebagai salah satu destinasi favorit.

Misalnya, Kepala Pemasaran dan Komunikasi SeaTrek Sailing Adventures Michael Travers,
mengaku menyukai wisata alam di Indonesia. Salah satunya Pulau Wayag, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Menurut Travers, Pulau Wayag adalah tempat yang paling menakjubkan  di dunia.

"Wayag memiliki ratusan bukit karst dan batu kapur dengan hutan lebat. Teluk terlindung dengan pantai berpasir putih dan terumbu karang," kata Travers kepada CNN pada 8 Mei lalu.

Menurut Travers, perjalanan yang memakan waktu cukup lama untuk sampai ke Pulau Wayag akan terbayar lunas saat wisatawan tiba di sana.

“Saya pasti merekomendasikan untuk mendaki ke titik pandang di sisi barat. Ada pemandangan yang mengejutkan. Ada surga di sana,” tambah Travers.

Pengakuan Travers tentu tak berlebihan. Selama ini, Pulau Wayag memang sudah menjadi ikon Raja Ampat.

Meskipun cukup jauh dari Raja Ampat (sekitar enam jam perjalanan), Pulau Wayag dijamin membuat travelista terpesona. Travelista sangat disarankan berangkat malam atau subuh. Wisatawan juga bisa menginap di area Wayag.

Untuk mendapatkan pemandangan yang luar biasa, wisatawan harus menuju puncak bukit. Dari sana, meminjam ucapan Travers, wisatawan akan melihat surga.

Lain lagi dengan editor LuxuryExplorer Sophie Marchant. Dia mengatakan, Candi Borobudur bakal menghadirkan pengalaman luar biasa bagi travelista.

“Tempat itu (Borobudur) membuat saya benar-benar sangat kagum,” ujar Marchant. Dia sudah merasakan langsung keindahan berbagai hal di sekitar candi Budha terbesar di dunia itu.mBukan hanya melihat langsung kemegahan Candi Borobudur, Marchant juga menyaksikan matahari terbit.

Menurut Marchant, semua keindahan itu sulit ditandingi oleh tempat lain. "Saya menginap di Amanjiwo. Hotel itu sangat saya rekomendasi. Saya bangun jam empat pagi lalu mendaki ke puncak untuk mendapatkan pemandangan yang luar biasa ketika matahari muncul dari Gunung Merapi,” kata Marchant. (*)


Sumber : CNN

Recent View

Contact Details

Telephone/Fax : (0761) 40356 - 858886
Email : disparekraf@riau.go.id
Website : pariwisata.riau.go.id

Jl. Jenderal Sudirman, Komplek Bandar Serai,
Pekanbaru, Riau

Logo Logo

DOWNLOAD




Riau The Homeland of Melayu
Available On Google Playstore

STAY UP TO DATE

Keep Up-to-Date with Riau Tourism
News and Events